Home » Info & Berita » Ini Dia Kopi-kopi Indonesia Paling Populer

Ini Dia Kopi-kopi Indonesia Paling Populer

kopi indonesia

Indonesia dikenal sebagai negara penghasil kopi terbesar dengan berbagai varian. Sebagian besar telah memiliki nama yang sudah tak asing didengar, bahkan hingga luar negeri. Kopi Indonesia sudah dikenal luas sebagai kopi berkualitas. Dari sekian banyak jenis kopi, berikut kopi khas Indonesia yang popular karena kualitas rasa dan aromanya, tak hanya di dalam negeri tapi juga di luar negeri.

Kopi Sumatera

Kepopuleran kopi sumatera sudah tidak bisa diragukan lagi, nikmatnya kopi ini sudah dikenal di mancanegara. Beberapa jenis kopi yang terkenal antara lain kopi Sidikalang, Lintong dan Mandheling. Kopi sumatera memiliki tekstur yang halus namun aroma dan rasanya kuat. Bagi penikmat kopi, cita rasa kopi sumatera memiliki ciri khas yakni adanya aroma rempah.

Kopi Toraja

Tana Toraja menghasilkan kopi dengan cita rasa khas. Jika umumnya kopi sangat kental dengan rasa pahit maka kopi toraja punya rasa khas asam yang kuat. Bentuk biji kopi toraja terbilang cukup kecil namun lebih mengilap dan licin pada bagian kulit bijinya.

Kopi Aceh Gayo

Kopi aceh gayo merupakan kopi yang tersohor mulai dari dalam negeri hingga luar negeri. Hal ini dikarenakan jenis kopi ini banyak diekspor ke negeri tetangga. Kopi gayo berasal dari biji kopi yang ditanam di daerah Tanah Gayo Aceh Tengah. Cita rasa kopi gayo memiliki rasa pahit dengan tingkat keasaman yang rendah. Penikmat kopi tubruk banyak yang terpikat dengan rasa pahit dan aroma gurih khas kopi gayo.

Kopi Jawa

Kopi jawa memang tidak setenar kopi gayo atau kopi toraja tapi penikmatnya tidak bisa dikatakan sedikit. Kopi jawa memiliki rasa pahit yang tidak terlalu kuat sehingga cocok untuk mereka yang tidak terlalu suka kopi pekat. Aroma rempah sedikit menyeruak ketika kopi baru saja diseduh, hal ini yang membuat kopi jawa punya karakteristik sendiri.

Kopi Papua Wamena

Tanaman kopi yang ditanam di wilayah paling timur Indonesia ini mendapat perlakukan khusus karena kopi ditanam pada ketinggian 1500 m dengan suhu 20 derajat Celsius. Ini menjadi alasan kopi papua wamena memiliki cita rasa yang ringan dan memiliki keharuman tajam yang nikmat. Kopi ini juga termasuk jenis kopi berkualitas tinggi karena petani kopi menanam kopi secara organik tanpa menggunakan bahan kimia sama sekali. Selain kopi jawa, kopi papua juga bisa menjadi alternatif pilihan kopi bagi Anda yang tidak terlalu suka kopi pekat.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*