Kopi Lintong | KopiLintong.com http://www.kopilintong.com Official Website - Kopi Lintong Indonesia Wed, 14 Oct 2015 00:46:39 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.4.10 Happy Customers: From Singapore http://www.kopilintong.com/happy-customers-from-singapore/ Wed, 14 Oct 2015 00:43:18 +0000 http://www.kopilintong.com/?p=759 happy customers and friends from singapore -

Our happy coffee customers and friends from Singapore!

]]>
Happy Customers: From England http://www.kopilintong.com/happy-customers-from-england/ Wed, 14 Oct 2015 00:40:32 +0000 http://www.kopilintong.com/?p=755 happy customers and friends from england

Our happy coffee customers and friends from England!

]]>
Happy Customers: From Denmark http://www.kopilintong.com/happy-customers-from-denmark/ Wed, 14 Oct 2015 00:37:13 +0000 http://www.kopilintong.com/?p=752 happy customers and friends from denmark

Our happy coffee customer and friend from Denmark!

]]>
Happy Customer: From New Castle http://www.kopilintong.com/happy-customer-from-new-castle/ Wed, 14 Oct 2015 00:34:00 +0000 http://www.kopilintong.com/?p=749 happy customers and friends from newcastle

Our happy coffee customer and friend from New Castle!

]]>
Ini Manfaat Kopi utuk Otak http://www.kopilintong.com/ini-manfaat-kopi-utuk-otak/ Wed, 14 Oct 2015 00:07:33 +0000 http://www.kopilintong.com/?p=745 manfaat kopi

Selain untuk minuman, tidak sedikit studi yang membuktikan bahwa kopi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Misalnya, mengonsumsi tiga cangkir kopi sehari sudah terbukti memberikan berbagai manfaat untuk tubuh, di antaranya mencegah kepikunan.

Belum lama ini, studi baru membuktikan, kopi mengandung beberapa nutrisi penting untuk tubuh. Satu cangkir kopi mengandung vitamin B2, B5, magnesium dan potassium. Zat-zat yang terkandung dalam kopi dapat membantu melawan penyakit. Misalnya saja kandungan kafeinnya yang bisa menjaga sel otak dari kerusakan yang menyebabkan penyakit Parkinson, dementia dan Alzheimer (kepikunan). Sementara kandungan antioksidannya membantu mencegah penyakit liver.

Seperti dilansir dari Health.com, kopi juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung bagi perempuan. Beberapa studi juga menunjukan peminum kopi memiliki risiko terkena stroke 20% lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak meminum kopi.

Kopi bisa menurunkan berat badan. Kandungan kafein dalam kopi bisa mempercepat metabolisme tubuh dan proses pembakaran lemak, yang membantu menurunkan resiko terkena diabetes tipe dua dan obesitas.

Manfaat minum kopi selain mencegah penyakit, adalah, mempengaruhi kinerja otak. Mengonsumsi satu gelas kopi bisa meningkatkan energi dan menajamkan ingatan. Berbagai percobaan menunjukan bahwa kopi meningkatkan kinerja beberapa fungsi otak, termasuk di dalamnya adalah ingatan, mood, energi, dan fungsi kognitif. *wk

]]>
Kopi Lintong – Longberry http://www.kopilintong.com/kopi-lintong-longberry/ Fri, 09 Oct 2015 07:00:51 +0000 http://www.kopilintong.com/?p=108 Kopi Lintong - Longberry

Harga: Rp. 220.000,- (belum termasuk ongkos kirim).

Kopi Arabica Longberry Lintong adalah yang terbaik dari jenisnya.  Ukuran kopi Arabica Longberry lebih panjang dan besar dari kopi pada umumnya.

Kopi Arabica Longberry masih sangat langka di Indonesia karena belum banyak ditanami. Namun demikian, rasa Arabica Longberry sangat luar biasa. Citarasa caramelly chocolate-nya sangat kental, sertaaftertaste yang lama menambah keunggulan kopi Arabica Longberry ini.

Keasamannya tergolong rendah, sehingga sangat cocok dengan lidah orang Indonesia.

]]>
Kopi Arabica Super http://www.kopilintong.com/kopi-arabica-super/ Fri, 09 Oct 2015 06:55:15 +0000 http://www.kopilintong.com/?p=735 arabica super-sidikalangcom2

Harga : Rp 70.000/kg (belum ongkir)

KOPI ARABICA SUPER berada di kelas yang berbeda dari kopi-kopi lainnya. Dikenal sebagai kopi beraroma tajam dan citarasa yang kental, KOPI ARABICA SUPER biasanya disajikan sebagai pembuka hari dan sebagai penambah semangat kerja.

KOPI ARABICA SUPER adalah warisan turun-temurun dan adalah produk rumah tangga yang diolah secara tradisional. Sangat berbeda dengan kopi-kopi olahan industri dan kopi instan lainnya, KOPI ARABICA SUPER diolah dengan hati, pengalaman, dan semangat kerja yang tinggi sehingga menghasilkan citarasa dan aroma yang sangat khas dengan budaya Indonesia. Juga, berbeda dengan kopi arabica yang lain, KOPI ARABICA SUPER tidak terasa asam di mulut.

arabica super-sidikalangcom1

]]>
Mengenal Humbang Hasundutan, Asal Usul Kopi Lintong http://www.kopilintong.com/mengenal-humbang-hasundutan-asal-usul-kopi-lintong/ Tue, 06 Oct 2015 13:33:25 +0000 http://www.kopilintong.com/?p=729 kopi lintong-humbahas

Mungkin ada yang sudah mengenal kopi Lintong dan menikmatinya setiap harinya, namun belum tahu dari mana asal kopi tersebut. Tersebutkan sebuah kabupaten bernama Humbang Hasundutan (Humbahas), yang dulunya masih bagian dari wilayah Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatra Utara.

Humbahas memiliki lahan perkebunan kopi arabika mencapai 58.118 hektare, sementara kopi robusta hanya 21.680 hektare.
Produksi arabika bisa mencapai 46.000 ton per tahun, sedangkan robusta 8.400 ton per tahun. Humbang Hasundutan (Humbahas) memiliki luas lahan berkisar 7.400-an hektare dengan produksi yang dihasilkan berkisar 5.900-an ton. Luasan tersebut menujukkan bahwa kopi merupakan komoditas yang sangat penting di Humbahas.

Namun, masih diperlukan pembinaan agar produksi kopi dari tahun ke tahun meningkat dan kualitasnya lebih baik. Hal tersebut pula yang menurut Koordinator Program Pemberdayaan Petani Kopi Lintong Humbang Hasundutan dari Orangutan Information Center (OIC), Binur Naibaho sangat penting untuk dilakukan pendampingan bagi para petani.

Hal itu dapat dilihat dari pola pertanian masyarakat yang mengelola lahannya sebagaimana mereka dapatkan secara turun temurun. “Makanya kita di sini menambahkan pengetahuan bagaimana pengelolaan yang lebih tepat, agar produksinya meningkat dan kualitasnya bisa kita jaga,” ungkapnya, seperti diberitakan MedanBisnis.

Sebagai contoh, kata dia, banyak petani yang menanam dengan jarak yang tidak tepat. Ada yang menanam dengan jarak 1×1 meter per segi. Persepsinya, semakin banyak tanamannya, semakin banyak pula produsinya. “Padahal tidak begitu, yang bagus kan 2×3 meter per segi,” katanya.

Dia menilai, banyak pendekatan kepada petani dalam upayanya meningkatkan produksi dan perbaikan kualitas produksi. Yang mana hal tersebut untuk membantu petani yang selama ini sering dililit tengkulak. Sehingga, kata dia, yang juga tak kalah penting adalah membuka pasar baru bagi petani. Kualitas yang terjaga sejak dari hulunya, menjadi jaminan pasar yang lebih luas. “Bulan Oktober tahun ini dan Mei tahun depan, kita akan kenalkan dengan pasar yang sudah menjadi mitra kita, dengan 3 eksportir, misalnya,” katanya.

Nantinya, kata dia, jika selama ini yang dikenal masyarakat pemasaran kopi terbatas pada tengkulak, pasarnya meluas karena eksportir kopi dapat langsung berkomunikasi dengan para petani.

Mengingat dari 12 desa di Kecamatan Pollung dan Doloksanggul terdapat 300 orang, masing-masing petani mengelola mulai dari 0,5 hektare. Dari luasan itu, angka produksi petani tidaklah kecil dan masih dapat ditingkatkan jika ada perbaikan pola tanam dari yang misal, jarak tanamnya dari yang 1×1 meter menjadi 2×3 meter per segi, perlakuan organik, dan seterusnya.

Petani kopi di Desa Lumban Purba, Kecamatan Doloksanggul, Ribka Simamora, mengaku heran dengan produksi kopinya yang masih kecil. “Ada 500 batang saya tanam, produksinya Cuma 3 kaleng, tapi ada juga yang punya 100 batang, bisa 3 kaleng,” katanya.

Ketua Kelompok Tani Sempurna di Desa Parsingguran, Kecamatan Pollung, Jaruslin Banjarnahor, didampingi bendahara Jinter Banjarnahor dan sekretaris Perdi Sihite mengatakan, untuk di desa ini, pada saat musim panen raya, produksinya bisa mencapai 20 ton per minggu.

Sedangkan pada saat musim trek seperti sekarang ini turun jadi 200 kg per 2 minggu. “Di sini ada 20 pengepul, petani jualnya ke pengepul. Dari pengepul jualnya entah ke mana-mana, ada juga yang mereka langsung datang ke sini,” katanya.

]]>
Ini Dia Kopi-kopi Indonesia Paling Populer http://www.kopilintong.com/ini-dia-kopi-kopi-indonesia-paling-populer/ Fri, 02 Oct 2015 12:04:27 +0000 http://www.kopilintong.com/?p=724 kopi indonesia

Indonesia dikenal sebagai negara penghasil kopi terbesar dengan berbagai varian. Sebagian besar telah memiliki nama yang sudah tak asing didengar, bahkan hingga luar negeri. Kopi Indonesia sudah dikenal luas sebagai kopi berkualitas. Dari sekian banyak jenis kopi, berikut kopi khas Indonesia yang popular karena kualitas rasa dan aromanya, tak hanya di dalam negeri tapi juga di luar negeri.

Kopi Sumatera

Kepopuleran kopi sumatera sudah tidak bisa diragukan lagi, nikmatnya kopi ini sudah dikenal di mancanegara. Beberapa jenis kopi yang terkenal antara lain kopi Sidikalang, Lintong dan Mandheling. Kopi sumatera memiliki tekstur yang halus namun aroma dan rasanya kuat. Bagi penikmat kopi, cita rasa kopi sumatera memiliki ciri khas yakni adanya aroma rempah.

Kopi Toraja

Tana Toraja menghasilkan kopi dengan cita rasa khas. Jika umumnya kopi sangat kental dengan rasa pahit maka kopi toraja punya rasa khas asam yang kuat. Bentuk biji kopi toraja terbilang cukup kecil namun lebih mengilap dan licin pada bagian kulit bijinya.

Kopi Aceh Gayo

Kopi aceh gayo merupakan kopi yang tersohor mulai dari dalam negeri hingga luar negeri. Hal ini dikarenakan jenis kopi ini banyak diekspor ke negeri tetangga. Kopi gayo berasal dari biji kopi yang ditanam di daerah Tanah Gayo Aceh Tengah. Cita rasa kopi gayo memiliki rasa pahit dengan tingkat keasaman yang rendah. Penikmat kopi tubruk banyak yang terpikat dengan rasa pahit dan aroma gurih khas kopi gayo.

Kopi Jawa

Kopi jawa memang tidak setenar kopi gayo atau kopi toraja tapi penikmatnya tidak bisa dikatakan sedikit. Kopi jawa memiliki rasa pahit yang tidak terlalu kuat sehingga cocok untuk mereka yang tidak terlalu suka kopi pekat. Aroma rempah sedikit menyeruak ketika kopi baru saja diseduh, hal ini yang membuat kopi jawa punya karakteristik sendiri.

Kopi Papua Wamena

Tanaman kopi yang ditanam di wilayah paling timur Indonesia ini mendapat perlakukan khusus karena kopi ditanam pada ketinggian 1500 m dengan suhu 20 derajat Celsius. Ini menjadi alasan kopi papua wamena memiliki cita rasa yang ringan dan memiliki keharuman tajam yang nikmat. Kopi ini juga termasuk jenis kopi berkualitas tinggi karena petani kopi menanam kopi secara organik tanpa menggunakan bahan kimia sama sekali. Selain kopi jawa, kopi papua juga bisa menjadi alternatif pilihan kopi bagi Anda yang tidak terlalu suka kopi pekat.*

]]>
Selain Diminum, Ini Manfaat Lain Kopi http://www.kopilintong.com/selain-diminum-ini-manfaat-lain-kopi/ Mon, 28 Sep 2015 12:37:54 +0000 http://www.kopilintong.com/?p=721 bubuk dan biji kopi

Selain untuk diminum, kopi ternyata punya banyak manfaat. Bagi Anda yang senang menyeduh kopi sendiri di rumah, pastilah sudah terbiasa mengeksplorasi jenis kopi dan cara menyeduh. Bahkan, tak hanya itu, perlu pula diketahui bahwa ampas kopi sisa minuman juga masih dapat digunakan. Untuk apa saja?

Membersihkan Wajah

Jika kita sering menggunaka pembersih wajah yang mengandung scrub, maka ada baiknya mencoba menggantinya dengan ampas kopi. Ampas kopi mampu mengangkat sel kulit mati pada wajah dan juga badan. Selain itu ampas kopi juga dapat membantu mengurangi kantung pada mata. Ampas kopi juga dapat membuat kulit terasa lebih halus dan juga segar.

Pertumbuhan Rambut

Sebelum keramas, ambillah ampas kopi lalu letakkan pada kulit kepala dengan gerakan memijat lalu diamkan beberapa menit. Ampas kopi dapat merangsang folikel untuk bekerja lebih keras dan membuat rambut tumbuh lebih banyak dan juga memperindah warna rambut yang dimiliki.

Mengurangi Selulit

Selulit sering kali membuat wanita merasa cemas karena dapat merusak penampilan. Gunakanlah ampas kopi untuk mengatasinya. Ampas kopi dapat dijadikan bahan untuk lulur sebelum mandi, oleskan dan pijat pada bagian yang terdapat selulit secara rutin.

Penetral Bau

Setelah memasak terkadang aroma masakan dapat menyebar ke seluruh ruangan atau ruangan terkadang memiliki bau pengap. Bau yang ditinggalkan pada alat masak juga dapat dihilangkan dengan ampas kopi. Dan untuk menghilangkan bau yang telah menyebar dalam ruangan dapat menggunakan kopi hitam yang masih baru. Cukup diletakkan pada wadah yang terbuka, maka ruangan akan kembali segar.*

]]>